TADABUR ALAM PRAMUKA SMK BPN TASIKMALAYA

BANDUNG, ADIFA (10/11/2018) – Salah satu program Gerakan Pramuka Ambalan Alkindi dan Assyifa Pangkalan SMK Bina Putera Nusantara Kota Tasikmalaya Gudep 04.067-04.068 adalah melaksanakan TADABUR ALAM yang bertujuan untuk merekatkan silaturahmi internal anggota dan evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan, program ini merupakan program yang baru dilaksanakan untuk yang ketiga kalinya di tahun ini.

Berdasarkan hasil musyawarah Dewan Ambalan dan seluruh anggota Pramuka Ambalan Alkindi dan Assyifa, untuk Tadabur Alam tahun ini dilaksanakan di DUSUN BAMBU LEMBANG BANDUNG, alasan memilih lokasi ini, karena cocok suasana alamiah yang mendukung untuk kegiatan Tadabur Alam serta estimasi biaya yang tidak terlalu mahal. Juga hasil musyawarah rencana pemberangkatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Nopember 2018 dengan menggunakan bis.

Alahamdulillah tepatnya kemarin Sabtu, 11 Nopember 2018 Pramuka SMK BPN bisa berangkat melaksanakan Tadabur Alam pada pukul 03.00 pagi sudah berangkat dari SMK BPN menuju Dusun Bambu Bandung, dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang peserta serta 2 orang pembina, serta menggunakan bis Pariwisata SUMBER JAYA TRANS Seat 2-2. Tepat pukul 04.00 pagi sudah sampai di Malangbong untuk istirahat melaksanakan sholat subuh, kurang lebih sekitar 30 menit istirahat dan sholat di Malangbong, lanjut perjalanan kembali menuju Dusun Bambu Bandung, dan alhamdulillah tepat pukul 07.45 kami sudah sampai dilokasi Tadabur Alam Dusun Bambu Bandung.

Sebelum masuk antri tiket dan masuk lokasi, berkumpul dulu di lokasi dekat parkir Bis untuk sarapan, karena para peserta tadi berangkat pagi pukul 03.00 pagi yang semuanya belum pada makan pagi. Sejenak istirahat sambil sarapan pagi dan menunggu lokasi Dusun Bambu dibuka, karena bukanya pukul 08.00 sementara rombongan sampai di lokasi pukul 07.45 maka dimanpaatkan untuk terlebih dahulu makan pagi.

Pukul 08.30 kami lagsung ngantri dan beli tiket masuk sebanyak 56 peserta dengan biaya sebesar Rp. 25.000/orang, untuk sampai dilokasi Dusun Bambu harus diantar pakai kendaraan ontang anting. Sesampainya dilokasi mencari lokasi yang strategis untuk kegiatan ngobrol dan curhat bareng bersama anggota seputar permasalahan internal yang ada di ambalan alkindi dan assyifa, kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.00 – 11.30 atau sekitar 2,5 jam. Dari hasil obrolan tersebut alhamdulillah bisa terungkap dan terpecahkan apa yang menjadi permasalah dan unek-unek di internal anggota.

Setiap keluarga tentu dan pasti akan ada permasalahan, permasalahan tersebut bukan untuk menjadi masalah tetapi supaya menjadi lebih dewasa dan lebih bertanggung jawab terhadap masalah, jangan lari dari masalah, hadapi masalah dengan senyuman, dan yakinlah kepada Sang Pencipta Allah Swt dalam firman-Nya dalam Q.S Al-Baqarah : 286 yang artinya Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya intinya Allah memberikan permasalah kepada semua hamba-Nya sesuai dengan kemampuadan kadar keimananya.

Red : Dani Ramdani, S.Pd.I

0 Response to "TADABUR ALAM PRAMUKA SMK BPN TASIKMALAYA"

Post a Comment